Ini Loh... Tips Cara Menganalisa Keaslian Sebuah Foto Lewat Google

Ini Loh... Tips Cara Menganalisa Keaslian Sebuah Foto Lewat Google - Saat ini banyak beredar foto palsu di internet. Admin pun miris melihatnya dengan temen-temen yang dengan mudahnya suka membagikan atau mengshare poto yang tanpa sadar mereka telah tertipu dengan poto-poto yang sudah beredar di internet tersebut.

Admin pun mencoba salah satu untuk melihat sebuah keaslian poto di sebuah status facebook yang beredar di beranda admin. Dan poto ini pun membuat admin penasaran, karena kemaren hari Jum'at tgl.14 Oktober 2016 ada "Demo Front Pembela Islam (FPI) dan beberapa ormas Islam lainnya" dengan satu tujuan, ingin meminta Ahok bertanggung jawab atas pernyataannya mengutip ayat suci.

Pernyataan Ahok yang menyebut surat Almaidah ayat 51 dalam sebuah kunjungan kerja ke Kabupaten Kepulauan Seribu dianggap melukai hati sebagian golongan umat muslim. Kendati telah menyampaikan kata maaf, namun hal tersebut dianggap tak cukup.

Massa FPI dan ormas yang kecewa dengan Ahok menuntut Ahok segera diperiksa atas pernyataannya itu. Usai salat Jumat di Masjid Istiqlal, massa penolak Ahok bertolak dari Istiqlal menuju Balai Kota DKI Jakarta untuk menggelar demo besar. Sepanjang perjalanan, mereka terus menyuarakan tuntutan agar Ahok ditangkap dan segera diproses hukum.

Massa yang mengenakan baju putih dengan berbagai atribut itu pun berbaris di belakang mobil komando. Sebagian dari mereka yang mengendarai sepeda motor sudah menunggu di depan Lapangan Banteng.

Petugas gabungan dari Polda Metro Jaya dan Kodam Jaya mengawal pergerakan massa. Sebagian petugas berbaris di sisi jalan. Sedangkan, barisan massa dipandu petugas yang mengendarai sepeda motor.

Nah, admin penasaran dengan sebuah status facebook seperti yang tertera pada gambar dibawah ini:


Yang membuat admin penasaran adalah, apakah memang benar kalau kemarin hari Jum'at tgl.14 Oktober 2016 saat Demo FPI tersebut seperti gambar di atas?

Status tersebut mengatakan bahwa "ada bendera i**s tadi saat demo memang beda"

Bagaimana cara termudah mendeteksi bahwa foto tersebut asli atau atau sudah teredit atau mungkin gambar tersebut palsu.

Dalam postingan ini admin hanya ingin berbagi sedikit yang admin ketahui untuk melacak poto tersebut,  admin akan uraikan saja bagaimana melacak/mengecek foto yang mungkin beredar di internet tersebut adalah murni 100% asli, atau foto tersebut kemungkinan asli /kemungkinan palsu, Ini Loh... Tips Cara Menganalisa Keaslian Sebuah Foto Lewat Google :
  • Langkah pertama silahkan di arahkan mouse ke poto yang akan kita analisa, kemudian klik kanan, lalu klik"Open Link in New Tab"

  • Langkah kedua, setelah terbuka halaman baru, kemudian klik kanan dan klik “save image as...” (silahkan kasih nama file terserah Anda), contoh saya kasih nama test keaslian poto.
  • Langkah ketiga, silahkan buka google search, lalu perhatikan tulisan di pojok sebelah kanan atas, silahkan di klik “gambar (image)”

  • Langkah ke empat, pada kolom pencarian akan terlihat “gambar kamera”, silahkan klik saja ya...

  • Langkah ke lima, maka akan terbuka jendela dengan dua pilihan, yang pertama mengupload dari link gambar, dan yang kedua dari gambar yg sudah ada di komputer kita. Dalam tutorial ini saya asumsikan gambar sudah ada di komputer kita, maka klik “upload an image”. maka akan terbuka browser k komputer kita.

  • Langkah ke enam, masukkan gambar yg ingin di analisis, dalam contoh ini saya memasukkan gambar yang akan saya analisis dengan file test keaslian poto. Silahkan masukkan potonya di file komputer yang sudah disimpan sewaktu tadi mengambil poto pada langkah ke dua.

  • Langkah ke tujuh, maka google akan otomatis mencari gambar serupa yg beredar di internet, nah perhatikan tanggal yang keluar, semakin tua usia fotonya berarti itu yang lebih dahulu muncul di internet.

  • Langkah ke delapan, silahkan di buka link website teratas tersebut, pilihlah rentang waktu gambar (saya sarankan untuk mencari gambar dari tahun yang lebih tua (contoh diatas tertera tahun 2014), karena gambar pada awal-awal pengunggahan relatif belum di modifikasi.
  • Langkah ke sembilah, Tadaaa.... kita sudah bisa melihat hasilnya, ternyata si pemilik asli poto tersebut adalah kompas.com.
  • Langkah ke sepuluh, Lalu bagaimana si pembuat status di fb diatas yg saya jadikan topik tulisan kali ini, dengan mudahnya dia bilang "ada bendera i**s tadi saat demo memang beda" (kata "tadi" artinya hari Jum'at tgl.14 Oktober 2016), dan ini artinya poto yang asli sudah ada 2 tahun yang lalu. Hayyooo.... masih mau menggunakan cara-cara "BOHONG"... xixixi... ketahuan "BOHONG" nya nih... hehehe...

Modus Dibalik Postingan Katakan Amin atau Like di Facebook

Sejak 2 tahun kebelakang admin sering liat di FB banyak di home admin nemu foto yang menyedihkan dan berisikan kata "Katakan Amin atau Like untuk mendoakan mereka"

Foto tersebut biasanya diakhiri dengan kalimat, “beri like dan amin ya”. Dan yang paling parah, adalah ada yang menambahkan kalimat “sumbangan atau donasi kirim ke rek. ini ya” dan memakai nama salah satu artis-artis terkenal.

Di dunia jempol facebook sekarang ini, ada segelintir orang yang bener-bener gila jempol. Yang sukanya menguplod foto untuk menarik simpati jempoller. Parahnya, kadang foto yang diupload adalah foto lama dan kadang tidak singkron dengan keterangan fotonya.

Tapi lama-lama admin sadar sepertinya ini hanyal trik dan modus dari fanpage-fanpage yang memposting seperti itu. Admin coba searching di internet, admin nemu gambar ini :

Yang kayak gitu memang gak melanggar hukum sih menurut admin, tapi ya masa mencari sebuah keuntungan diatas penderitaan seseorang. Bukannya bisa membuat hal-hal yang lebih kreatif untuk dapat banyak like.

Dan bukankah lebih baik jika ingin mendoakan langsung berdoa kepada Tuhan, bukan dengan like atau katakan amin di FB.

Admin tidak ingin mengarahkan ulasan ini sebagai sesuatu hal yang negatif dengan mengatakan modus atau istilah lainnya. Namun jika ini memang benar-benar sebuah bisnis online dan bukan modus penipuan atau modus penyesatan jalur bisnis, maka sangat dianjurkan untuk dilakukan secara jujur.

Paling tidak, dengan menggunakan gambar yang memang benar-benar ada alias tidak fiktif dan jangan lupa untuk memberikan rincian sumbernya jika memang tampak sebuah image news atau gambar berita.

Kemudian luruskan niat agar tidak melenceng dari kalimat status yang ada. Jika memang untuk mendoakan, maka niatkan dengan tulus juga untuk mendoakan, bukan niat untuk dapat respon balik yang berlimpah lalu jadi populer. Dan lain sebagainya.

Semoga uraian yang sedikit ini tidak mengecilkan siapapun untuk terus berkarya. Sangat bijaksana bila ada kata maaf atas kalimat dan kata-kata yang tidak tepat dalam postingan ini.

Nah itu dia sobat http://dedesobirin1.blogspot.com/ sedikit informasi yang bisa admin bagikan. Mudah-mudahan bisa bermanfaat bagi Anda semuanya. Jangan lupa untuk membaca juga postingan lainnya terkait Staedtler Pensil Terbaik Untuk Anak dan juga ada postingan mengenai TIPS MEMILIH JASA EKSPEDISI PENGIRIMAN BARANG dan tidak lupa ada postingan mengenai Cara Mengatasi Anak Susah Makan dengan Laperma Platinum dan tidak ketinggalan ada juga postingan tmengenai Tips Memilih Jasa Logistics Terpercaya Di Indonesia dan yang terakhir ada postingan terkait Glorimelamine.com Produsen Peralatan Makan Industri Horeka Terbaik di Indonesia. Demikianlah sedikit ulasan tentang Ini Loh... Tips Cara Menganalisa Keaslian Sebuah Foto Lewat Google.

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Ini Loh... Tips Cara Menganalisa Keaslian Sebuah Foto Lewat Google"

Post a Comment