Seberapa Penting Sebuah Penghargaan Bagi Kamu?

Seberapa Penting Sebuah Penghargaan Bagi Kamu? Pengakuan, sebuah kata yang sampai saat ini belum ku ketahui kata dasarnya. Apakah berasal dari kata ngaku, aku, atau yang lainnya. Tak tahulah, yang ku tahu sebuah pengakuan adalah hal yang selama ini dicari oleh orang yang butuh akan pengakuan. Jadi, seberapa pentingkah sebuah pengakuan? Jika ‘sangat penting’ adalah parameter untuk strata tertinggi dari sebuah jawaban, maka akan ku jawab pengakuan itu sangat penting adanya. Jawaban ini bukan tanpa alasan, banyak fenomena selama ini yang menunjukkan betapa pentingnya sebuah pegakuan.
Seberapa Penting Sebuah Penghargaan Bagi Kamu?
Seberapa Penting Sebuah Penghargaan Bagi Kamu?

Kita telisik lagi kasus umat islam di Rohingya. Inti dari kejadian yang ada jika kita lebih cermat mengamatinya adalah masalah pengakuan. Etnis Rohingya adalah etnis minoritas yang tinggal di Provinsi Rakhine (dulu bernama Arakan), Myanmar Barat, berbatasan dengan Bangladesh. Etnis Rohingya bukanlah etnis asli dari Burma. Perawakan orang Rohingya sendiri lebih mirip orang Bengalis (Asia Selatan) seperti India dan Pakistan ketimbang orang Burma yang lebih mirip orang Asia Tenggara pada umumnya. Perbedaan etnis membuat orang Rohingya mendapatkan perlakukan diskriminatif, mereka tidak mendapatkan hak kewarganegaraan dan dianggap sebagai ilmigran gelap (ilegal). Etnis Rohingya sendiri sempat diperlakukan dengan keji semasa rezim militer berkuasa dan hal tersebut mendapat banyak kecaman dari dunia internasional.

Masalah yang dialami oleh Etnis Rohingya tidak hanya dengan pemerintahan Burma, negara tetangga yang dianggap sebagai asal mula etnis Rohingya yaitu Bangladesh juga tidak mau mengakui mereka. Setelah merdeka 7 tahun kemudian Bangladesh mendeklarasikan bahwa etnis Rohingya tidak dianggap sebagai warga negara, dan memilih untuk mengembalikan orang Rohingya ke Burma. Bangladesh yang masih berkembang tidak mau menanggung beban dari masuknya orang-orang Rohingya ke negara mereka sekalipun 89% dari penduduk Bangladesh adalah muslim. Orang Rohingya pun terlunta-lunta dan tidak jarang terdampar sampai ke perairan Indonesia karena tidak berani kembali ke Burma dan diusir oleh Bangladesh.

Dari kutipan cerita di atas, dapat kita bayangkan Seberapa Penting Sebuah Penghargaan Bagi Kamu? betapa pentingnya sebuah pengakuan, tanpa pengakuan maka tak jelas kemana arah hidup kita. Hidup sih hidup, tapi hidup layaknya tak hidup. Karena banyak pihak yang menginginkan kita tak hidup. Begitulah hidup tanpa adanya pengakuan.

PENGERTIAN PENGHARGAAN  

Penghargaan adalah Bentuk Apresiasi seseorang atas USAHA Seseorang. Contohnya dalam perusahaan, Usaha untuk mendapatkan tenaga kerja yang profesional sesuai dengan tuntutan jabatan diperlukan suatu pembinaan yang berkesinambungan, yaitu suatu usaha kegiatan perencanaan, pengorganisasian, penggunaan, dan pemeliharaan tenaga kerja agar mampu melaksanakan tugas dengan efektif dan efisien.

Sebagai langkah nyata dalam hasil pembinaan maka diadakan pemberian penghargaan pegawai yang telah menunjukkan prestasi kerja yang baik. Adapun pengertian dari penghargaan dalam perusahaan kerap dalam bentuk pemberian berupa piagam dan sejumlah uang dari perusahaan pegawai yang mempunyai prestasi. Ada juga perusahaan yang memberikan penghargaan kepada pegawai karena masa kerja dan pengabdiannya dapat dijadikan teladan bagi pegawai lainnya. Pemberian penghargaan karena masa kerja pegawai bertujuan untuk memotivasi gairah dan loyalitas perusahaan.

Pemberian penghargaan tersebut merupakan upaya perusahaan dalam memberikan balas jasa atas hasil kerja pegawai,sehingga dapat mendorong pegawai bekerja lebih giat dan berpotensi. Pegawai memerlukan suatu penghargaan pada saat hasil kerjanya telah memenuhi atau bahkan melebihi standar yang telah ditentukan oleh perusahaan. Penghargaan ini dapat berupa pujian. Tidak hanya kalau pegawai melakukan kesalahan memperoleh makian dari pimpinan. Pegawai bekerja mempunyai tujuan,antara lain untuk memperoleh penghasilan agar kebutuhan dan keinginannya dapat direalisasikan.

Misalkan saja setelah 20 tahun bekerja, kemudian mendapatkan hadiah pin emas dari perusahaan. Dari beberapa jenis penghargaan di atas, terang Yodhia, semua baik. Kecuali penghargaan yang terkait dengan masa kerja.Dia menambahkan penghargaan tidak selalu terkait dengan masa kerja. Penghargaan seperti itu dianggap kurang afdol karena cenderung tidak mampu memotivasi pegawai. Menurut dia, hadiah atau penghargaan layak diberikan karena dapat memotivasi pegawai untuk memberikan prestasi atau kinerja yang lebih bagus.Ini juga akan menimbulkan rasa bangga bagi pegawai. ”Sehingga memacu mereka untuk lebih produktif dalam bekerja,” ucapnya.

Penghargaan bisa bermacam - macam, ada dalam bentuk bonus, promosi, penambahan tanggung jawab yang bagi beberapa pegawai bisa menjadi beban namun bagi beberapa pegawai lainnya dapat menjadi poin penghargaan bagi dirinya. Tapi yang pasti perusahaan harus memberikan nilai lebih. ”Kadang kala tidak seluruhnya mengenai uang,” tuturnya.

Bentuk penghargaan yang paling baik adalah membuat pegawai mengetahui kalau dirinya dihargai oleh perusahaan,bukan hanya oleh sekelompok kecil orang. Beberapa perusahaan kadang kala menempatkan foto pegawai yang paling berprestasi di area pabrik untuk menegaskan bahwa pegawai tersebut dapat menjadi panutan bagi yang lain.

Penghargaan untuk Sebuah Pengakuan

Penghargaan ialah sesuatu yang diberikan pada perorangan atau kelompok jika mereka melakukan suatu keulungan di bidang tertentu. Penghargaan biasanya diberikan dalam bentuk medali, piala, gelar, sertifikat, plaket atau pita. Suatu penghargaan kadang-kadang disertai dengan pemberian hadiah berupa uang seperti Hadiah Nobel untuk kontribusi terhadap masyarakat, dan Hadiah Pulitzer untuk penghargaan bidang literatur. Penghargaan bisa juga diberikan oleh masyarakat karena pencapaian seseorang tanpa hadiah apa-apa.

pengakuan memang sangat penting adanya. Mari kita kaji kejadian yang dialami oleh negara kita sendiri. Pulau ambalat misalnya. Akar dari kejadian tersebut adalah masalah pengakuan. Pulau ambalat yang awalnya milik Indonesia tiba-tiba diklaim oleh Malaysia. Tapi, setelah berbagai banding yang dilakukan pemerintah Indonesia, terntaya yang dinyatakan berhak untuk mendapatkan pulau Ambalat adalah Malaysia. Keputusan ini bukan tanpa alasan. Banyak bukti-bukti di TKP yang menunjukkan bahwa pulau itu memang sepantasnya milik Malaysia. Hal ini terjadi karena Indonesia tak pernah membuat pengakuan bahwa mereka mempunyai pulau ambalat. Tapi, berbeda dengan Malaysia. Mereka memang bukan pemilik pulau tersebut. Tapi, mereka telah melakukan pengakuan dengan membangun berbagai infrastruktur di sana. Walaupun pengakuan yang mereka lakukan di sini tak dibenarkan secara etika. Apalagi mengingat kita satu rumpun.

Mari kita persempit lagi ruang lingkup bahasan kita. Bayagkan saja, bagaimana sakitnya hati kita jika kita tak mendapat pengakuan dari orang tua kita bahwa kita adalah anak mereka. Hidup akan terasa tak tenang dan terombang-ambing. Memang tak kan terasa manfaat dari sebuah pengakuan jika kita telah mendapatkannya. Tapi, akan beda ceritanya jika kita belum mendapatkannya. Bisa kita lihat di sinetron-sinetron yang selama ini menghiasi layar kaca di negeri kita. Berapa banyak judul sinetron yang mengangkat parihal pentingnya sebuah pengakuan. Berliter-liter air mata yang mereka keluarkan untuk mendapatkan pengakuan sebagai seorang anak, misalnya di sinetron “putri yang tertukar”, “anakku bukan anakku”, dan masih bayak lagi yang lainnya.

Pentingnya Penghargaan Diri

Mungkin Anda mengetahui tentang self-esteem atau dalam bahasa indonesia berarti penghargaan diri. Penghargaan diri berarti suatu sikap bagaimana Anda memandang diri Anda sendiri serta bagaimana Anda memperlakukan diri Anda sendiri. Penghargaan diri merupakan salah satu faktor penting yang akan menentukan kesuksesan atau kegagalan dan kebahagiaan atau ketidak-bahagiaan dalam hidup Anda karena penghargaan diri akan mempengaruhi Anda baik Anda sadari maupun tidak.

Sebelum menjelaskan lebih jauh tentang penghargaan diri ini, saya akan mengajak Anda untuk membaca sebuah lirik lagu yang luar biasa. Lagu ini sudah cukup lama lebih kurang 10 tahun lalu. Lagu ini memiliki makna tentang penghargaan diri.

Milikilah kepercayaan terhadap apa yang kamu lakukan, kamu akan bisa melakukannya.

Jadi, penghargaan diri sangat menentukan sikap kita terhadap diri kita sendiri. Kita sendiri yang menaikkan dan menurunkan penghargaan terhadap diri kita. Tanyalah kepada diri Anda apakah Anda merasa baik terhadap diri Anda, mencintai diri Anda atau sebaliknya merasa buruk dan bahkan membenci serta tidak menyukai diri Anda sendiri. Ketika Anda merasa buruk dan tidak menyukai diri Anda, bagaimana perlakuan Anda terhadap diri Anda sendiri. Ketika Anda merasa baik dan mencintai diri Anda, bagaimana sikap dan perlakuan yang Anda berikan terhadap diri Anda.

Nah itu dia sobat dedesobirin1.blogspot.com sedikit informasi mengenai Seberapa Penting Sebuah Penghargaan Bagi Kamu? yang bisa admin bagikan. Mudah-mudahan bisa bermanfaat bagi Anda semuanya. Jangan lupa untuk membaca juga postingan lainnya terkait Majukan Peternakan Indonesia Bersama ilmuhewan.com dan juga artikel tentang Cara Membuat Website Sendiri juga ada postingan lainnya mengenai Krakatau Steel Peduli Masyarakat serta ada artikel Sepatu TOMKINS Keren, Trendy, Casual dan Gaul tidak ketinggalan ada postingan Green Pramuka City Hunian Strategis dan Nyaman di Pusat Kota dan yang terakhir ada artikel Pilih Nahwa Untuk Jasa Travel dan Sewa Mobil di Malang. Terima kasih sudah berkunjung dan membaca postingannya.

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Seberapa Penting Sebuah Penghargaan Bagi Kamu?"

Post a Comment